Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Feb 6, 2017

MARKETING ON-LINE

======================================================
SEMESTER GANJIL

KONSEP PEMASARAN ONLINE ( ONLINE MARKETING)

1.   Pengertian Pemasaran Online

Online marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran  suatu  produk  atau  jasa  melalui  atau  menggunakamedia  internet atau jariangan www (World Wide Web).

2. Komponen Pemasaran Online
Berikut ini akan disajikan beberapa jenis / macam online marketing :

a. E-mail marketing dan sales letter.
Pemasaran melalui email dan surat penawaran atau sales letter saat ini menjadi andalan para marketer kelas dunia dalam memasarkan produk produknya secara online di  internet. Bagaimana email  dan salesletter ini  bekerja?  Anda pasti pernah menerima email  yang berisi  uraian, cerita,  ajakan dan apapun yang akhirnya menuju ke sebuah atau beberapa link untuk dikunjungi bukan. Itulah email marketing. Cara kerjanya adalah mengirim email kepada seseorang atau beberapa  orang secara masal yang berisi hal hal di atas dan pada akhirnya menuju ke satu arah yakni 'penjualan'. Email adalah media dan sales  letter adalah isinya.
b. Website.
Perkembangan teknologi Informasi dewasa ini mengakibatkan perubahan besar terhadap pemasaran. Website merupakan media promosi yang paling populer. Website adalah kumpulan halaman yang saling berkait satu dengan yang lain.
c. Video marketing
Mendapatkan pengunjung dengan menggunakan video sebagai media marketing adalah salah satu yang terbaik saat ini. Buatlah video dan unggah (upload) ke situs situs video sharing terkenal seperti Youtube dan lain sebagainya. Bagaimana  video  marketing bekerja?.  Video  yang diunggah adalah  bersifat publik (Youtube) yang artinya siapa saja dapat mengaksesnya.
d. Social media marketing
Seperti kita ketahui pengguna social media seperti facebook, twitter, dan BBM begitu banyak jauh diatas melampui media media lain di internet. Oleh karena itu pula social media khususnya facebook dan twitter menjadi media internet marketing yang paling baik. Bagaimana ini bekerja? mudah saja. Misal Anda mempunyai 1000 teman di facebook itu artinya ada 1000 orang yang akan melihat update Anda. Apa artinya ini, artinya jika 10 % saja mengklik link yang disertakan di update status Anda maka itu adalah 100 pengunjung.
e. Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi).
Jenis internet marketing ini adalah dengan cara memanfaatkan para pengiklan. Para pengiklan yang menjual produknya dengan cara online bisa membangun
jaringan afiliasi. Jaringan afiliasi adalah dengan melibatkan orang lain dalam penjualan produk yang ada.
f. Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari).
Jenis pemasaran ini melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Sebaian besar orang yang tidak tahu di mana harus mencari dan mendapatkan informasi yang mereka inginkan biasanya mereka mencarinya di situs mesin pencari itu (Google atau Yahoo). Maka dari itu, jika perusahaan anda / usaha anda belum dikenali publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling istimewa dan spektakuler yang sebaiknya Anda lakukan yaitu berusaha untuk mendapat tempat  teratas  pada  mesin  pencari (Google  atau  Yahoo). Setidaknya  pada halaman pertama di mesin pencari. Sesuatu hal yang sangat penting bagi Anda untuk  memastikan  bahwa  situs  Anda  terdaftar  dan  terlampir  dalam  mesin pencari terkenal seperti google atau yahoo.

3. Keuntungan dan Kekurangan  Pemasaran Online
a.  Keuntungan / Kelebihan: Organisasi lebih mudah dan sederhana, kemudahan mengelola barang, pelayanan lebih fokus, biaya pemasaran lebih murah dan tidak terbatas ruang dan waktu
b.  Kekurangan : Kepercayaan masih sangat rendah karena tidak dapat melihat barang/menyentuh barang secara langsung, Ketergantungan pada teknologi, Isu keamanan dan privasi, Akses teknologi yang belum merata, Transparansi harga, sehingga berakibat meningkatnya kompetisi harga, Kompetisi global.

PEMBUATAN WEBSITE
1. Pengertian Website
Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situs[1] adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.[2] Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW.
Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
2. Jenis-Jenis Website
1). Search Engine atau Mesin Pencarian
     Search Engine atau mesin pencari adalah jenis website yang khusus mengumpulkan daftar website yang bisa ditemukan di internet dalam database kemudian menampilkan daftar indeks ini berdasarkan kata kunci atau “keywords” yang dicari oleh user. Mayoritas pengguna internet sudah familiar dengan situs search engine untuk mencari informasi yang mereka butuhkan melalui internet. Beberapa contoh search engine antara lain : Google Search, Bing, Yahoo Search dan lain-lain.
2). Web Portal.
     Web Portal adalah situs yang mengumpulkan dan menyediakan aneka informasi dari berbagai sumber untuk ditampilkan kepada user, jika user tertarik untuk mengetahui informasi yang ada dengan lebih lengkap, user akan diarahkan ke sumber yang aslinya. Namun pada umumnya web portal tidak hanya menampilkan informasi dari sumber luar, kadang mereka juga menampilkan informasi-informasi dalam website mereka sendiri. Beberapa contoh web portal antara lain :Yahoo, msn, msnbc dan lain-lain.

3). Social Networking/Social Media
     Social media termasuk salah satu fenomena yang luar biasa hingga saat ini, khususnya diwakili oleh Facebook. situs social networking atau situs pertemanan online adalah situs yang disediakan bagi para membernya untuk bertukar informasi dan media elektronik lainnya seperti foto, musik dan video. Beberapa situs social networking yang terkenal sebelum fenomena Facebook dan Twitter antara lain Multiply, Friendster dan MySpace. Kemudian bermunculan pula Social Media dengan tema-tema yang lebih spesifik seperti social media untuk berbagi lokasi (FourSquare), social media entertainment (GetGlue) dan masih banyak lagi.
4). Portal Berita dan Informasi
     Portal berita dan informnasi adalah situs yang memuat berita-berita dan artikel-artikel untuk dibaca pengunjung. Bisa juga berisi opini dan komentar-komentar seputar politik, teknologi dan lain-lain. Situs-situs berita ini seperti layaknya koran, majalah dan buletin online. Konsep dan karakteristik situs berita berbeda-beda sesuai dengan jenis berita dan target pembacanya. Beberapa contoh situs berita adalah detik, kompas, cosmopolitan dan lain-lain.
5). Social Bookmarking
     Social bookmarking adalah situs yang mengijinkan user untuk memasukan informasi atau sumber informasi artikel-artikel tertentu untuk dibaca atau di-rating dan dikomentari oleh user lainnya. Situs jenis ini sering digunakan oleh pemilik situs berita, blog dan situs-situs lainnya untuk mempromosikan konten situs mereka. Beberapa situs social bookmarking yang terkenal adalah Lintas Berita, Digg dan stumbleupon
6). Media Sharing
     Situs ini khusus disediakan bagi user untuk meng-upload media-media elektroknik seperti gambaer, musik dan video agar dapat dilihat atau di download oleh pengunjung lain. Contohnya adalah Youtube, Flickr, Imageshack dll.
7). Company Profile
     Company profile biasanya berupa website sederhana untuk menampilkan profil dan produk atau jasa serta portfolio sebuah perusahaan. Website jenis ini hanya untuk memperkenalkan profil perusahaan meskipun juga dapat menjadi alat promosi jika dikelola dengan benar. Selain profil,produk dan portfolio berupa konten teks dan foto atau video, fitur form kontak termasuk yang penting dalam website ini agar pengunjung dapat dengan mudah menghubungi perusahaan pemilik website jika mereka memerlukan produk atau jasa perusahaan tersebut.
8). Corporate Website
     Berbeda dengan company profile, Corporate Website biasanya lebih kompleks atau bisa juga disebut Company Web Portal. Website ini berisi informasi lengkap dari latar belakang hingga kegiatan-kegiatan suatu perusahaan, organisasi atau yayasan sosial baik yang bersifat profitable ataupun non-profit. Informasi-informasi dalam corporate website bisa berupa profile perusahaan/organisasi, latar belakang, visi dan misi, daftar founder dan pengurus, informasi investor dan klien hingga laporan keuangan, afiliasi dan lain-lain serta artikel-artikel dan berita-berita yang terkait dengan kegiatan perusahaan/organisasi tersebut. Contoh corporate website antara lain, Pertamina,General Motors dan lain-lain.
9). Brand Building Website (Branding Website)
     Brand Building Website dibuat untuk memperkenalkan serta membangun image sebuah brand. Yang paling menonjol dari website seperti ini adalah konsep untuk menyampaikan pesan sesuai dengan image yang akan dibangun. Fiturnya sangat beragam dan biasanya cukup kompleks seperti animasi, game, video dan fitur-fitur interaktif lainnya. Belakangan Brand Building website juga sering diintegrasikan dengan social media seperti Facebook, Twitter hingga blog. Brand Building website sering dimanfaatkan oleh produk-produk fast moving consumer goods misalnya groseri, soft drinks, snack dan lain-lain.
10). Online Store
     Online store atau toko online sudah jelas peruntukannya adalah untuk menjual barang secara online. Fitur-fitur utama online store adalah katalog produk dengan informasi yang lengkap serta shopping cart, yaitu fitur untuk pengunjung untuk melakukan pemesanan produk secara online. Online store bisa bermacam-macam bentuk dan konsepnya. Fitur-fitur online store juga bisa bermacam-macam disesuaikan dengan budget dan kemudahan yang didapatkan. Baik kemudahan mengelola online store itu sendiri ataupun kemudahan bagi pengunjung untuk memilih dan berbelanja produk.
 11). Blog
     Blog adalah sebuah website yang berbentuk seperti jurnal atau diari online. Biasa digunakan seorang blogger untuk mengeskpresikan pemikiran dan opini-opininya. Bisa juga artikel-artikel seputar kegiatan blogger. Bisa berisi tulisan maupun media gambar, video dan lainnya. Setiap artikel biasanya disertai kolom komentar dimana pengunjung blog bisa meninggalkan komentar atau berdiskusi mengenai artikel yang ditulis.
12).Portal Komersil
     Portal komersil lahir dari konsep iklan baris, dimana melalui portal ini member dapat menjual produk dan jasa mereka tanpa perlu membangun website sendiri. Contoh portal komersil adalah JobsDB, Toko Bagus, Berniaga, Rumah.com dan masih banyak lagi.
3. Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis
Web Statis
Situs web statis merupakan situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual. Ada tiga jenis perangkat utilitas yang biasa digunakan dalam pengaturan situs web statis:
1). Editor teks merupakan perangkat utilitas yang digunakan untuk menyunting berkas halaman web, misalnya: Notepad atau TextEdit.
2). Editor WYSIWYG, merupakan perangkat lunak utilitas penyunting halaman web yang dilengkapi dengan antar muka grafis dalam perancangan serta pendisainannya, berkas halaman web umumnya tidak disunting secara lengsung oleh pengguna melainkan utilitas ini akan membuatnya secara otomatis berbasis dari laman kerja yang dibuat oleh pengguna. perangkat lunak ini misalnya: Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver.
4). Editor berbasis templat, beberapa utilitas tertentu seperti Rapidweaver dan iWeb, pengguna dapat dengan mudah membuat sebuah situs web tanpa harus mengetahui bahasa HTML, melainkan menyunting halaman web seperti halnya halaman biasa, pengguna dapat memilih templat yang akan digunakan oleh utilitas ini untuk menyunting berkas yang dibuat pengguna dan menjadikannya halam web secara otomatis.

Web Dinamis
Situs web dinamis merupakan situs web yang secara spesifik didisain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah. Sesuai dengan namanya, isi yang terkadung dalam situs web ini umumnya akan berubah setelah melewati satu periode tertentu. Situs berita adalah salah satu contoh jenis situs yang umumnya mengimplementasikan situs web dinamis.
Tidak seperti halnya situs web statis, pengimplementasian situs web dinamis umumnya membutuhkan keberadaan infrastruktur yang lebih kompleks dibandingkan situs web statis. Hal ini disebabkan karena pada situs web dinamis halaman web umumnya baru akan dibuat saat ada pengguna yang mengaksesnya, berbeda dengan situs web statis yang umumnya telah membentuk sejumlah halaman web saat diunggah di server web sehingga saat pengguna mengaksesnya server web hanya tinggal memberikan halaman tersebut tanpa perlu membuatnya terlebih dulu.
Untuk memungkinkan server web menciptakan halaman web pada saat pengguna mengaksesnya, umumnya pada server web dilengkapi dengan mesin penerjemah bahasa skrip (PHP, ASP, ColdFusion, atau lainnya), serta perangkat lunak sistem manajemen basisdata relasional seperti MySQL.

SEARCH ENGINE OPTIMIZATION
1.      Pengertian SEO
SEO merupakan upaya untuk meraih peringkat utama di hasil pencarian searh engine.
Ada beberapa hal yang mendapat pengaruh baik dari website yang memiliki SEO bagus diantaranya :
a.       Rangking dan traffic
b.      Brand awareness meningkat
c.       Visibilitas dan Otoritas
d.      Revenue atau ROI tinggi
2.      Cara Kerja SEO
Ada 3 konsep atau proses kunci yang memungkinkan google dapat melakukan hal tersebut yaitu :
a.       Rawling (perayapan)
b.      Indexing (Proses Pengindeks-an)
c.       Serving/Delevering (Menampilkan hasil pencarian)
3.      Keyword Dalam SEO
Riset keyword adalah sesuatu aspek yang vital dari perencanaan SEO, jika situs anda memasang keywod yang salah, search engine dan customer anda tidak akan menemukan website anda.  Proses riset keyword dapat dijabarkan dalam beberapa poin yaitu :
a.       Ciptakan daftar keyword dan cek daftar tersebut
b.      Gunkan tool riset keyword
c.       Pastikan daftar keyword Anda sekali lagi
d.      Siapkam langkah dalam menuliskan keyword –keyword tersebut
e.       Submit ke Search Engine
4.      Strategi SEO On Page /SEO Off Page
SEO ON Page adalah segala bentuk tekhnik optimasi SEO

PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL
A.    Pengertian Media Sosial
Sosial media adalah sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring social, Wiki, forum, dan dunia virtual.
Andreas Kaplan d N Michael Haenlein mendefinisikan social media sebagai “ sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun atas dasar ideology dan teknologi web : 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran isi dalam media social yang dapat dilakukan oleh para pengguna terdaftar (user generated content).
B.     Pemanfaat Viral Marketing
Viral marketing (pemasaran viral), biasa dianggap sebagai iklan virus, atau pemberitahuan spontan (buzz) tentang pemasaran dan merupakan istilah-istilah yang mengacu pada tekhnik pemasaran yang menggunakan layanan jejaring social yang sudah ada dan teknologi lainnya untuk menghasilkan peningkatan kesadaran merk atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainnya (seperti penjualan produk) melalui proses virus mereplikasi diri, pemasaran viral ini sering dianalogikan dengan penyebaran virus (virus computer) melalui internet dan jaringan local) yang terutama dikenali oleh sebagian besar anti virus yang dikenal juga sebagai pendeteksi akses halaman web (web phising). Hal ini dapat disampaikan dari mulut ke mulut atau ditingkatkan oleh efek jaringan internet dan jaringan mobil.
Viral marketing dapat berupa klip video, games interaktif flash, advergame, ebook, software brandable, gambar, pesan teks, pesan email, atau halaman web.
C.    Macam-Macam Pemasaran melalui Media Sosial (Facebook, Linkedin, Twitter, Pinterst)
Facebook adalah sebuah flatform khusus yang popular digunakan untuk hiburan ataupun bisnis. Facebook sebagai alat yang luar biasa yang layak dianggap sebagai flatform terbaik untuk memasarkan bisnis anda. Anda harus membuat strategi pemasaran facebokk yang terkalkulasi, dieksekusi dengan baik,dan tepat.
D.    Pemasaran Menggunakan Media Video
       Video merupakan tampilan yang paling menarik dan lebih mempengaruhi calon pelanggan daripada teks dan gambar diam. Oleh karena itu sangat disarankan bahwa model pemasaran apapun yang telah anda lakukan sebelumnya, menjadi sangan menjanjikan respon dari para calon pelanggan jika anda mengemas/memproduksinya dalam bentuk video.


PEMASARAN MENGGUNAKAN EMAIL MARKETING
A.    Konsep Email Marketing
Pemasaran menggunakan surat elektronik memiliki tujuan untuk menjual, mempromosikan, menginformasikan, menjalin hubungan serta membujuk konsumen yang dikemas dalam bentuk newsletter (surat elektronik) atau surat elektronik promosi.
Jenis Surat Elektronik komersial
a.       Surat elektronik promosi (email promotion)
Merupakan alat komunikasi berupa surat elektronik yang dirancang dan dibuat berdasarkan tujuan tertentu, dimana konsumen diharapkan langsung melakukan tindakan atas informasi yang dikirimkan biasanya berisikan informasi penawaran produk, diskon, musok gratis, voucher dll.
b.      Retention –Based e-mails(Newsletter/nawala)
Merupakan alat komunikasi berupa surat elektronik yang digunakan dalam memberikan informasi mengenai perusahaan, baik menyenagkut produk, orang terlibat serta informasi lain yang dapat membantu berhubungan dengan urusan bisnisnya.


======================================================
SEMESTER GENAP

1. IKLAN ONLINE
2. PEMASARAN MENGGUNAKAN SITUS WEB


No comments:

Post a Comment