======================================================
SEMESTER GANJIL
KONSEP PEMASARAN ONLINE (
ONLINE MARKETING)
1. Pengertian Pemasaran Online
Online marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan
pemasaran
suatu
produk
atau jasa
melalui atau
menggunakan media internet atau
jariangan www (World Wide Web).
2. Komponen Pemasaran Online
Berikut ini akan disajikan beberapa jenis /
macam
online marketing :
a. E-mail marketing dan
sales letter.
Pemasaran melalui email dan surat penawaran atau sales letter saat ini menjadi andalan para marketer kelas dunia dalam memasarkan produk produknya
secara
online di internet. Bagaimana email
dan salesletter ini bekerja?
Anda pasti pernah menerima email yang berisi uraian, cerita,
ajakan dan apapun yang akhirnya menuju ke sebuah atau beberapa link untuk dikunjungi bukan. Itulah email marketing. Cara kerjanya adalah mengirim email kepada seseorang
atau beberapa
orang secara masal yang berisi hal hal di atas dan pada akhirnya
menuju ke satu arah yakni 'penjualan'. Email adalah media dan sales
letter adalah isinya.
b.
Website.
Perkembangan teknologi Informasi dewasa ini mengakibatkan perubahan besar
terhadap pemasaran.
Website merupakan media promosi yang paling populer. Website adalah kumpulan
halaman yang saling berkait satu dengan yang lain.
c. Video marketing
Mendapatkan pengunjung dengan menggunakan video sebagai media marketing adalah salah satu yang terbaik saat ini. Buatlah video dan unggah (upload)
ke situs situs video sharing
terkenal seperti Youtube dan lain sebagainya. Bagaimana
video
marketing bekerja?.
Video
yang diunggah adalah bersifat publik (Youtube) yang artinya siapa saja dapat mengaksesnya.
d. Social media marketing
Seperti kita ketahui pengguna
social media seperti facebook, twitter,
dan BBM begitu banyak jauh diatas melampui media media lain di internet. Oleh karena
itu
pula social media khususnya facebook dan twitter menjadi media internet marketing yang paling
baik. Bagaimana ini bekerja? mudah saja. Misal Anda
mempunyai 1000 teman di facebook
itu artinya ada 1000 orang yang akan melihat update
Anda. Apa artinya ini, artinya jika 10 % saja mengklik
link
yang disertakan di update status Anda maka itu adalah 100 pengunjung.
e.
Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi).
Jenis internet marketing ini adalah dengan cara
memanfaatkan para pengiklan.
Para pengiklan yang menjual produknya dengan cara online bisa membangun
jaringan afiliasi. Jaringan afiliasi adalah dengan melibatkan orang lain dalam
penjualan produk yang ada.
f. Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari).
Jenis pemasaran ini melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Sebaian besar orang yang tidak tahu di mana harus mencari dan mendapatkan
informasi yang mereka inginkan
biasanya mereka mencarinya di situs mesin pencari itu
(Google
atau Yahoo). Maka dari itu, jika perusahaan anda / usaha anda belum
dikenali publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling istimewa
dan
spektakuler yang
sebaiknya Anda lakukan yaitu berusaha untuk mendapat
tempat
teratas
pada
mesin pencari (Google atau
Yahoo). Setidaknya
pada halaman pertama di mesin pencari. Sesuatu hal yang sangat penting bagi Anda
untuk memastikan
bahwa
situs Anda terdaftar dan
terlampir dalam
mesin pencari terkenal seperti google atau yahoo.
3. Keuntungan dan Kekurangan Pemasaran Online
a.
Keuntungan / Kelebihan: Organisasi lebih mudah dan sederhana, kemudahan
mengelola barang, pelayanan lebih fokus, biaya pemasaran lebih murah dan tidak
terbatas ruang dan waktu
b. Kekurangan
: Kepercayaan masih sangat rendah karena tidak dapat
melihat barang/menyentuh barang secara langsung, Ketergantungan pada teknologi, Isu keamanan dan privasi, Akses teknologi yang belum merata,
Transparansi harga, sehingga berakibat meningkatnya kompetisi harga,
Kompetisi global.
PEMBUATAN WEBSITE
1. Pengertian Website
Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering
disingkat dengan istilah situs[1] adalah sejumlah halaman web yang memiliki
topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar,
video, atau jenis-jenis berkas lainnya.[2] Sebuah situs web biasanya
ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui
jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat
internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat
diakses publik di internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih
dikenal dengan singkatan WWW.
Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet
umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs
memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web
mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan
meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang
terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan
pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain.
Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati
privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
2. Jenis-Jenis Website
1).
Search Engine atau Mesin Pencarian
Search Engine atau mesin pencari adalah
jenis website yang khusus mengumpulkan daftar website yang bisa ditemukan di
internet dalam database kemudian menampilkan daftar indeks ini berdasarkan kata
kunci atau “keywords” yang dicari oleh user. Mayoritas pengguna internet sudah
familiar dengan situs search engine untuk mencari informasi yang mereka
butuhkan melalui internet. Beberapa contoh search engine antara lain : Google
Search, Bing, Yahoo Search dan lain-lain.
2).
Web Portal.
Web Portal adalah situs yang mengumpulkan
dan menyediakan aneka informasi dari berbagai sumber untuk ditampilkan kepada
user, jika user tertarik untuk mengetahui informasi yang ada dengan lebih
lengkap, user akan diarahkan ke sumber yang aslinya. Namun pada umumnya web
portal tidak hanya menampilkan informasi dari sumber luar, kadang mereka juga
menampilkan informasi-informasi dalam website mereka sendiri. Beberapa contoh
web portal antara lain :Yahoo, msn, msnbc dan lain-lain.
3).
Social Networking/Social Media
Social media termasuk salah satu fenomena
yang luar biasa hingga saat ini, khususnya diwakili oleh Facebook. situs social
networking atau situs pertemanan online adalah situs yang disediakan bagi para
membernya untuk bertukar informasi dan media elektronik lainnya seperti foto,
musik dan video. Beberapa situs social networking yang terkenal sebelum
fenomena Facebook dan Twitter antara lain Multiply, Friendster dan MySpace.
Kemudian bermunculan pula Social Media dengan tema-tema yang lebih spesifik
seperti social media untuk berbagi lokasi (FourSquare), social media
entertainment (GetGlue) dan masih banyak lagi.
4).
Portal Berita dan Informasi
Portal berita dan informnasi adalah situs
yang memuat berita-berita dan artikel-artikel untuk dibaca pengunjung. Bisa
juga berisi opini dan komentar-komentar seputar politik, teknologi dan
lain-lain. Situs-situs berita ini seperti layaknya koran, majalah dan buletin
online. Konsep dan karakteristik situs berita berbeda-beda sesuai dengan jenis
berita dan target pembacanya. Beberapa contoh situs berita adalah detik,
kompas, cosmopolitan dan lain-lain.
5).
Social Bookmarking
Social bookmarking adalah situs yang
mengijinkan user untuk memasukan informasi atau sumber informasi artikel-artikel
tertentu untuk dibaca atau di-rating dan dikomentari oleh user lainnya. Situs
jenis ini sering digunakan oleh pemilik situs berita, blog dan situs-situs
lainnya untuk mempromosikan konten situs mereka. Beberapa situs social
bookmarking yang terkenal adalah Lintas Berita, Digg dan stumbleupon
6).
Media Sharing
Situs ini khusus disediakan bagi user untuk
meng-upload media-media elektroknik seperti gambaer, musik dan video agar dapat
dilihat atau di download oleh pengunjung lain. Contohnya adalah Youtube,
Flickr, Imageshack dll.
7).
Company Profile
Company profile biasanya berupa website
sederhana untuk menampilkan profil dan produk atau jasa serta portfolio sebuah
perusahaan. Website jenis ini hanya untuk memperkenalkan profil perusahaan
meskipun juga dapat menjadi alat promosi jika dikelola dengan benar. Selain
profil,produk dan portfolio berupa konten teks dan foto atau video, fitur form
kontak termasuk yang penting dalam website ini agar pengunjung dapat dengan
mudah menghubungi perusahaan pemilik website jika mereka memerlukan produk atau
jasa perusahaan tersebut.
8).
Corporate Website
Berbeda dengan company profile, Corporate
Website biasanya lebih kompleks atau bisa juga disebut Company Web Portal.
Website ini berisi informasi lengkap dari latar belakang hingga
kegiatan-kegiatan suatu perusahaan, organisasi atau yayasan sosial baik yang
bersifat profitable ataupun non-profit. Informasi-informasi dalam corporate
website bisa berupa profile perusahaan/organisasi, latar belakang, visi dan
misi, daftar founder dan pengurus, informasi investor dan klien hingga laporan
keuangan, afiliasi dan lain-lain serta artikel-artikel dan berita-berita yang
terkait dengan kegiatan perusahaan/organisasi tersebut. Contoh corporate
website antara lain, Pertamina,General Motors dan lain-lain.
9).
Brand Building Website (Branding Website)
Brand Building Website dibuat untuk
memperkenalkan serta membangun image sebuah brand. Yang paling menonjol dari
website seperti ini adalah konsep untuk menyampaikan pesan sesuai dengan image
yang akan dibangun. Fiturnya sangat beragam dan biasanya cukup kompleks seperti
animasi, game, video dan fitur-fitur interaktif lainnya. Belakangan Brand
Building website juga sering diintegrasikan dengan social media seperti
Facebook, Twitter hingga blog. Brand Building website sering dimanfaatkan oleh
produk-produk fast moving consumer goods misalnya groseri, soft drinks, snack
dan lain-lain.
10).
Online Store
Online store atau toko online sudah jelas
peruntukannya adalah untuk menjual barang secara online. Fitur-fitur utama
online store adalah katalog produk dengan informasi yang lengkap serta shopping
cart, yaitu fitur untuk pengunjung untuk melakukan pemesanan produk secara
online. Online store bisa bermacam-macam bentuk dan konsepnya. Fitur-fitur
online store juga bisa bermacam-macam disesuaikan dengan budget dan kemudahan
yang didapatkan. Baik kemudahan mengelola online store itu sendiri ataupun
kemudahan bagi pengunjung untuk memilih dan berbelanja produk.
11). Blog
Blog adalah sebuah website yang berbentuk
seperti jurnal atau diari online. Biasa digunakan seorang blogger untuk
mengeskpresikan pemikiran dan opini-opininya. Bisa juga artikel-artikel seputar
kegiatan blogger. Bisa berisi tulisan maupun media gambar, video dan lainnya.
Setiap artikel biasanya disertai kolom komentar dimana pengunjung blog bisa
meninggalkan komentar atau berdiskusi mengenai artikel yang ditulis.
12).Portal Komersil
Portal komersil lahir dari konsep iklan
baris, dimana melalui portal ini member dapat menjual produk dan jasa mereka
tanpa perlu membangun website sendiri. Contoh portal komersil adalah JobsDB,
Toko Bagus, Berniaga, Rumah.com dan masih banyak lagi.
3.
Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis
Web
Statis
Situs web statis
merupakan situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara
berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut
dilakukan secara manual. Ada tiga jenis perangkat utilitas yang biasa digunakan
dalam pengaturan situs web statis:
1).
Editor teks merupakan perangkat utilitas yang
digunakan untuk menyunting berkas halaman web, misalnya: Notepad atau TextEdit.
2).
Editor WYSIWYG, merupakan perangkat
lunak utilitas penyunting halaman web yang dilengkapi dengan antar muka grafis
dalam perancangan serta pendisainannya, berkas halaman web umumnya tidak
disunting secara lengsung oleh pengguna melainkan utilitas ini akan membuatnya
secara otomatis berbasis dari laman kerja yang dibuat oleh pengguna. perangkat
lunak ini misalnya: Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver.
4).
Editor berbasis templat, beberapa
utilitas tertentu seperti Rapidweaver dan iWeb, pengguna dapat dengan mudah
membuat sebuah situs web tanpa harus mengetahui bahasa HTML, melainkan
menyunting halaman web seperti halnya halaman biasa, pengguna dapat memilih
templat yang akan digunakan oleh utilitas ini untuk menyunting berkas yang
dibuat pengguna dan menjadikannya halam web secara otomatis.
Web Dinamis
Situs
web dinamis merupakan situs web yang secara spesifik didisain agar isi yang
terdapat dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah.
Sesuai dengan namanya, isi yang terkadung dalam situs web ini umumnya akan
berubah setelah melewati satu periode tertentu. Situs berita adalah salah satu
contoh jenis situs yang umumnya mengimplementasikan situs web dinamis.
Tidak
seperti halnya situs web statis, pengimplementasian situs web dinamis umumnya
membutuhkan keberadaan infrastruktur yang lebih kompleks dibandingkan situs web
statis. Hal ini disebabkan karena pada situs web dinamis halaman web umumnya
baru akan dibuat saat ada pengguna yang mengaksesnya, berbeda dengan situs web
statis yang umumnya telah membentuk sejumlah halaman web saat diunggah di
server web sehingga saat pengguna mengaksesnya server web hanya tinggal
memberikan halaman tersebut tanpa perlu membuatnya terlebih dulu.
Untuk
memungkinkan server web menciptakan halaman web pada saat pengguna
mengaksesnya, umumnya pada server web dilengkapi dengan mesin penerjemah bahasa
skrip (PHP, ASP, ColdFusion, atau lainnya), serta perangkat lunak sistem
manajemen basisdata relasional seperti MySQL.
SEARCH ENGINE OPTIMIZATION
1.
Pengertian SEO
SEO merupakan
upaya untuk meraih peringkat utama di hasil pencarian searh engine.
Ada beberapa hal
yang mendapat pengaruh baik dari website yang memiliki SEO bagus diantaranya :
a. Rangking dan
traffic
b. Brand awareness
meningkat
c. Visibilitas dan
Otoritas
d. Revenue atau ROI
tinggi
2.
Cara Kerja SEO
Ada 3 konsep
atau proses kunci yang memungkinkan google dapat melakukan hal tersebut yaitu :
a. Rawling (perayapan)
b. Indexing (Proses
Pengindeks-an)
c. Serving/Delevering
(Menampilkan hasil pencarian)
3.
Keyword Dalam SEO
Riset keyword
adalah sesuatu aspek yang vital dari perencanaan SEO, jika situs anda memasang
keywod yang salah, search engine dan customer anda tidak akan menemukan website
anda. Proses riset keyword dapat dijabarkan dalam beberapa
poin yaitu :
a. Ciptakan daftar
keyword dan cek daftar tersebut
b. Gunkan tool
riset keyword
c. Pastikan daftar
keyword Anda sekali lagi
d. Siapkam langkah
dalam menuliskan keyword –keyword tersebut
e. Submit ke Search
Engine
4.
Strategi SEO On Page /SEO Off Page
SEO ON Page
adalah segala bentuk tekhnik optimasi SEO
======================================================
PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL
A.
Pengertian Media Sosial
Sosial
media adalah sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah
berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring social,
Wiki, forum, dan dunia virtual.
Andreas
Kaplan d N Michael Haenlein mendefinisikan social media sebagai “ sebuah
kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun atas dasar ideology dan
teknologi web : 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran isi dalam
media social yang dapat dilakukan oleh para pengguna terdaftar (user generated
content).
B.
Pemanfaat Viral Marketing
Viral marketing (pemasaran viral), biasa dianggap
sebagai iklan virus, atau pemberitahuan spontan (buzz) tentang pemasaran dan
merupakan istilah-istilah yang mengacu pada tekhnik pemasaran yang menggunakan
layanan jejaring social yang sudah ada dan teknologi lainnya untuk menghasilkan
peningkatan kesadaran merk atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainnya
(seperti penjualan produk) melalui proses virus mereplikasi diri, pemasaran
viral ini sering dianalogikan dengan penyebaran virus (virus computer) melalui
internet dan jaringan local) yang terutama dikenali oleh sebagian besar anti
virus yang dikenal juga sebagai pendeteksi akses halaman web (web phising). Hal
ini dapat disampaikan dari mulut ke mulut atau ditingkatkan oleh efek jaringan
internet dan jaringan mobil.
Viral marketing dapat berupa klip video, games
interaktif flash, advergame, ebook, software brandable, gambar, pesan teks,
pesan email, atau halaman web.
C.
Macam-Macam Pemasaran melalui Media Sosial (Facebook,
Linkedin, Twitter, Pinterst)
Facebook adalah sebuah flatform khusus yang popular
digunakan untuk hiburan ataupun bisnis. Facebook sebagai alat yang luar biasa
yang layak dianggap sebagai flatform terbaik untuk memasarkan bisnis anda. Anda
harus membuat strategi pemasaran facebokk yang terkalkulasi, dieksekusi dengan
baik,dan tepat.
D. Pemasaran Menggunakan Media Video
Video merupakan tampilan yang paling menarik dan
lebih mempengaruhi calon pelanggan daripada teks dan gambar diam. Oleh karena
itu sangat disarankan bahwa model pemasaran apapun yang telah anda lakukan
sebelumnya, menjadi sangan menjanjikan respon dari para calon pelanggan jika
anda mengemas/memproduksinya dalam bentuk video.
PEMASARAN MENGGUNAKAN EMAIL MARKETING
A. Konsep Email Marketing
Pemasaran
menggunakan surat elektronik memiliki tujuan untuk menjual, mempromosikan,
menginformasikan, menjalin hubungan serta membujuk konsumen yang dikemas dalam
bentuk newsletter (surat elektronik) atau surat elektronik promosi.
Jenis Surat Elektronik komersial
a. Surat elektronik
promosi (email promotion)
Merupakan alat komunikasi berupa surat elektronik yang
dirancang dan dibuat berdasarkan tujuan tertentu, dimana konsumen diharapkan
langsung melakukan tindakan atas informasi yang dikirimkan biasanya berisikan
informasi penawaran produk, diskon, musok gratis, voucher dll.
b.
Retention –Based e-mails(Newsletter/nawala)
Merupakan alat komunikasi berupa surat
elektronik yang digunakan dalam memberikan informasi mengenai perusahaan, baik
menyenagkut produk, orang terlibat serta informasi lain yang dapat membantu
berhubungan dengan urusan bisnisnya.======================================================
SEMESTER GENAP
1. IKLAN ONLINE
2. PEMASARAN MENGGUNAKAN SITUS WEB
No comments:
Post a Comment